Pages

Sunday, September 15, 2013

Pinang

Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah PasifikAsia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang.  Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu.

Ciri dari tanaman pinang sendiri pohon tegak tidak bercabang, batang langsing dan daun lepas. Bentuk daun pinang roset batang dan pelepah daun bentuknya tabung. Tongkol bunga mudah lepas atau rontok dari roset batang, bentuk buah pinang bulat telur sungsang panjang.

Kandungan kimia di dalam buah pinang antara lain: alcaloide (0,5%),  arecoline, arecolidine, arecaine, guvasine, isoguvasine, guvacoline, tannin (15,01%), kanji, resin dll.


Pinang memiliki sejuta manfaat. Secara tradisional, biji pinang digunakan dalam ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, dan kudisan. Biji ini juga dimanfaatkan sebagai penghasil zat pewarna merah dan bahan penyamak. Pelepah daun yang seperti tabung (dikenal sebagai upih) digunakan sebagai pembungkus kue-kue dan makanan. Umbutnya dimakan sebagai lalapan atau dibikin acar. Pinang juga kerap ditanam, di luar maupun di dalam ruangan, sebagai pohon hias atau ornamental.

No comments:

Post a Comment